Sabtu, 02 Juli 2016

Bot Game Seru dan Utilitas Lainnya di Telegram

Telegram Logo

Sudah pernah dengar aplikasi chat Telegram? Telegram yang dirilis sejak Agustus 2013 adalah aplikasi chat atau instant messenger berbasis cloud dengan tampilan yang mirip WhatsApp. Bisa dibilang Telegram ini adalah saingan terbesarnya LINE dan WhatsApp dengan keunggulan yang jauh lebih baik namun kalah dalam jumlah pengguna.

Pertengahan tahun 2015 pasca rilis fitur stiker, Telegram mendapat serangan DDoS yang diketahui berasal dari Asia Timur, meski Telegram tak menyebut secara pasti siapa pelakunya, namun banyak yang menduga serangan itu dari LINE Corp. Beberapa bulan kemudian diketahui pula WhatsApp memblokir link Telegram di aplikasinya.

Link Telegram diblokir oleh WhatsApp

Saya pribadi lebih suka Telegram dibanding LINE atau WhatsApp, karena keunggulannya seperti: multi platform (dapat digunakan sekaligus dari PC, smartphone atau browser tanpa menghapus chat history), dapat mengirim berbagai file, berbasis cloud (lebih ringan di smartphone, data disimpan di server), fiturnya lebih aman, memiliki stiker seperti LINE dan kelebihannya kita bisa membuat stiker sendiri (artinya ada banyak sekali stiker berbagai karakter/tema di Telegram), dan sejak fitur bot diperkenalkan, banyak bermunculan game-game seru yang bisa dimainkan langsung dari chat Telegram dengan ringan. Semuanya gratis, tanpa iklan.

Nah, dalam postingan ini saya ingin menyebutkan daftar bot-bot seru yang bisa dicoba sendiri, berdua dengan teman ataupun party di grup.


  • Werewolf Game
Jenis: Party Game, Roleplay
Penggunaan: Grup
Pemain: Minimal 5, maksimal 35 orang

Dapat dimainkan dengan cara undang bot @werewolfbot ke dalam grup, kemudian masing-masing pemain mengirim chat pribadi ke bot dengan ketik perintah /start. Setelah itu ketik /startgame di dalam grup, kemudian pemain lainnya mengetik /join. Kalau tidak punya teman satu grup, bisa bergabung ke grup global permainan ini di http://werewolf.parawuff.com (Silahkan pilih ingin grup Bahasa Indonesia atau Inggris). Peraturan dan cara bermain juga ada di link tersebut.
  • Famili 100
Jenis: Game
Penggunaan: Grup
Pemain: Minimal 3 orang, selebihnya boleh ikut bermain tanpa join.

Pernah menonton acara Famili 100 di TV? Dalam acara tersebut, 2 keluarga berusaha untuk menebak jawaban yang terbanyak dijawab berdasarkan hasil survei kepada 100 orang. Namun dalam game di Telegram hanya dibutuhkan 3 pemain untuk menebak jawaban survei tersebut. Pemain yang berhasil menebak jawaban teratas akan mendapat poin tertinggi. Untuk memainkannya di Telegram, undang @fam100bot ke dalam grup, kemudian ketik /start dan pemain yang ingin ikut bermain dapat mengetik /join.
  • Mafia Gangs Game
Jenis: Role Playing Game
Penggunaan: Sendiri
Pemain: Sendiri, namun dapat melawan geng pemain lainnya

Pemain membentuk sebuah geng, kemudian membeli senjata, menguasai lahan bisnis dan bertarung dengan geng lain untuk menjadi geng terkuat. Apabila tertarik ingin mencoba, dapatkan bonus 5000 cash untuk gengmu dengan klik @mafiagangsbot?start=I6B94BE8C91D1F64 kemudian ketik /start.
  • Trivia
Jenis: Game
Penggunaan: Sendiri atau Grup
Pemain: Sendiri hingga beramai-ramai

Klik @TriviaBot kemudian klik /start untuk memulai permainan, bot akan mengirimkan pertanyaan dengan pilihan ganda kepada kamu. Permainan ini juga dapat dimainkan dalam grup, undang bot ke dalam grup.  
  • UNO Card Game
Jenis: Permainan Kartu
Penggunaan: Grup
Pemain: Minimal 2 orang 

Kalau sudah pernah mengenal permainan kartu UNO, pasti tau aturan main permainan ini. Pemain yang pertama kali menghabiskan kartunya adalah pemenang, caranya adalah dengan membuang kartu dengan angka atau warna yang sama. Untuk memainkan game ini di Telegram, bisa dengan mengundang @mau_mau_bot ke dalam grup yang berisi minimal 2 orang. Kemudian ketik /start untuk memulai permainan. Pemain berikutnya dapan mengetik /join untuk bergabung dalam permainan. Untuk mengeluarkan kartu, ketik @mau_mau_bot bersama dengan spasi dan tunggu kartumu keluar saat bermain. Perintah yang sama digunakan untuk mengambil kartu, pass atau ketika ingin menantang pemain lainnya jika berbohong.
  • Tic-tac-toe
Jenis: Strategi
Penggunaan: Berdua (tanpa grup), dengan pemain random atau teman.
Pemain: 2 orang.

Pemain yang pertama kali membentuk garis lurus horizontal, vertikal atau diagonal adalah pemenangnya. Untuk memainkan ini di Telegram, klik @oxbot, kemudian pilih ingin bermain dengan teman atau pemain random.

  • Andy English Robot
Jenis: Utility, Edukasi dan game
Penggunaan: Sendiri
Pemain: Sendiri

Kita dapat belajar grammar atau bermain game lainnya sambil melatih keterampilan berbahasa Inggris dengan bot ini. Untuk memulainya, klik @AndyRobot dan mulai berbincang dengannya.

  • Otouto / Mokubot 
Jenis: Utility, Hiburan
Penggunaan: Grup

Undang @mokubot ke dalam grup pertemananmu, ketik /help untuk mendapatkan daftar perintah yang bisa dilakukan. Otouto bisa dijadikan pengingat grup, kalkulator, penerjemah, 'memukul' teman, hingga hal nyeleneh lainnya. Rasakan serunya grup ketika ada bot ini! :D

  •  Poll / Vote Bot
Jenis: Utility
Ingin merencanakan acara grup tapi kesulitan menentukan tanggal dan tempat? Kamu dapat menggunakan bot @vote untuk membuat polling yang bisa kamu bagikan pada teman-teman.

Masih banyak lagi bot lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam aplikasi Telegram. Punya bot favorit? Tambahkan di komentar. Bot seru lainnya akan saya tambahkan nanti. Selamat mencoba
5 ZakwanSite: Bot Game Seru dan Utilitas Lainnya di Telegram Telegram Logo Sudah pernah dengar aplikasi chat Telegram? Telegram yang dirilis sejak Agustus 2...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

>