Wednesday, April 23, 2014

Sehari Tanpa Internet

Sehari Tanpa Internet? Mungkin gak ya? Mungkin aja.. Banyak kok yang bertahan hidup tanpa internet. Baru beberapa hari lalu, saya mendaki gunung dan ternyata disana sulit untuk dapat koneksi internet. Bukti bahwa masih ada daerah di Indonesia yang belum terjangkau internet. Apa artinya? Masih banyak rakyat indonesia yang BuNet alias buta internet alias belum mengenal dan merasakan internet.

Puncak Gunung Gede.Tapi, tanpa internet apa saya baik-baik saja? Oke, balik lagi ke cerita ketika mendaki gunung, hasilnya saya merasakan tiga hari tanpa internet. Saya tidak punya pilihan dan banyak sekali informasi yang saya lewatkan, seperti kabar dari grup chatting keluarga, ulang tahun teman, bahkan saya telat mengetahui cerita teman saya yang wisuda. :/

Pernah juga saya kehabisan tiket karena tidak dapat memesan lebih awal yang seharusnya bisa dilakukan lewat internet dan yang paling parah juga pernah mengalami kerugian uang gara-gara terlambat mengakses berita lewat internet. Serius. Kalau pernah berjualan lewat internet, pasti tau kan rasanya tanpa internet? :(

Ya, resiko hari-hari tanpa internet. Tapi, ketika internet ada, dan kita punya pilihan serta bisa menggunakannya, apa iya kita memilih untuk tidak menggunakan internet?

Beruntung kita tinggal di negara yang terjamah koneksi internet, meskipun belum menyeluruh. Internet telah banyak memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Tanpa disadari, kemajuan ilmu pengetahuan sekarang pun dibantu dengan internet, karenanya informasi menyebar lebih mudah. Tapi.. harus pintar-pintar memilah informasi, diantara banyaknya informasi itu, ada informasi palsu dan sampah.

Walaupun banyak informasi palsu dan sampah, internet bukan melulu berisi hal negatif. Kadang orang-orang memandang internet sebagai hal negatif atau banyak merugikannya.

Eh... katanya kita bisa lupa sama lingkungan sekitar karena internetan. Padahal, dari internet kita bisa tahu berita terkini, dari keluarga, relasi bahkan berita internasional pun bisa sampai di depan kita dengan cepat.

Katanya kita bisa malas belajar karena internetan. Wah.. ini sih tergantung penggunanya, saya justru banyak belajar dengan sumber dari internet. Dengan internet bahkan kita memiliki lebih banyak referensi dan bisa memilah-milih informasi. Kalau dulu katanya buku adalah jendela dunia, sekarang internet pun adalah jendela dunia, di internet kan juga banyak buku. hehehe

Banyak lagi hal positif yang bisa didapat dari internet. Selain agar mendapat informasi dan bisa belajar, dengan internet kita juga bisa bekerja, melakukan transaksi keuangan dengan internet banking, berhubungan dengan sahabat, membeli barang yang rata-rata lebih murah dari toko biasa, memesan tiket nonton, membeli tiket kereta api tanpa perlu ke stasiun dan masih baaaaaanyak lagi yang bisa dilakukan dengan bantuan internet.

Itulah mengapa menurut saya internet itu penting, banyak tenaga dan waktu seharusnya digunakan untuk.. misalnya pergi membeli, membayar.. bisa diganti dengan hal lainnya. Berkat internet!

Hm, internet gak melulu hal negatif kan? Kalau rasanya internet adalah hal negatif, itu mungkin belum merasakan manfaat positif internet yang lainnya. :D

Menurut saya:

Orang-orang beruntung adalah orang yang punya akses informasi. 

Nah, dimana tempat kita bisa mengakses informasi? Salah satunya; Internet! Ayo kita genggam internet dan perluas wawasan.

Ajak orang lain yang buta internet untuk merasakan kebaikan internet dengan paket data spesial dari: http://telkomsel.com/genggam-internet. Kalian bisa menghadiahkan paket internet buat mereka yang belum merasakannya. *Dan jangan lupa, ajarkan cara berinternet dengan sehat dan aman, agar internet lebih terasa manfaatnya. :)
Untuk Indonesia yang makin hebat!
5 ZakwanSite: Sehari Tanpa Internet Sehari Tanpa Internet? Mungkin gak ya? Mungkin aja.. Banyak kok yang bertahan hidup tanpa internet. Baru beberapa hari lalu, saya mendaki gu...

No comments:

Post a Comment

< >