+ -

Pages

Wednesday, March 26, 2014

'Jabal Magnet', bukan cuma di Arab dan ternyata bukan magnet.

Mungkin ada yang pernah dengar cerita orang-orang yang baru pulang dari Arab Saudi, cerita tentang Jabal Magnet. Satu tempat yang katanya memiliki kekuatan magnet yang tinggi, sampai-sampai jika kita mematikan kendaraan, mobil bisa berjalan menanjak sendiri, tanpa perlu di gas.

Kadang supir-supir pemandu wisata disana suka mempraktekkannya ke penumpang, mobil dimatikan, posisi gigi dalam keadaan netral dan ajaibnya mobil bisa berjalan menanjak sendiri.

Ada yang bilang ditempat itu teori gravitasi tidak berlaku, ada yang bilang itu karena bantuan kekuatan ajaib, ada yang bilang itu karena magnet yang sangat kuat yang ada diperbukitan itu.

Tapi benarkah di tempat itu teori gravitasi tak berlaku? Benarkah itu karena tarikan magnet? atau karena bantuan jin dsb?

Saya kurang tau apakah orang-orang di Arab sana memang menyebut nama tempat itu sebagai Jabal Magnet atau itu hanya buatan turisnya. Katanya orang Madinah sendiri malah tidak tau nama tempat Jabal Magnet. Tempat itu dilebih dikenal dengan nama Wadi al Jinn, atau lembah jin.

Jabal itu artinya bukit/gunung, jadi kalau di artikan ke bahasa Indonesia bisa jadi bukit magnet, atau kalau bahasa Inggrisnya magnetic hill.

Nah, kalau kita mencari keyword magnetic hill, ternyata fenomena ini bukan hanya ada di Arab saja. Tapi hampir ada di seluruh dunia dan semuanya di kawasan gunung/perbukitan.


Bukit Magnet di Australia Selatan. source: wikipedia

Di Amerika Serikat sendiri, diketahui ada sekitar 40 bukit 'magnet' yang tersebar di 23 negara bagian. Belum lagi di tempat-tempat di benua lainnya, termasuk di Indonesia pun juga ada. Salah satunya yang terkenal adalah di Limpakuwus, Banyumas Jawa Tengah. :D


Igir Magnet, Limpakuwus, Jawa Tengah. source: wikipedia.
Nama lain dari magnetic hill ini adalah gravity hill. Ya, di gravity hill ini tidak hanya benda-benda yang dapat ditarik magnet saja (besi) yang bergerak menanjak. Bola plastik dan air pun bisa bergerak menanjak. Padahal, teorinya air secara alami selalu bergerak dari atas ke bawah kan?

Nah, kalau begitu.. benarkah fenomena ini disebabkan oleh magnet? Jawabannya, tidak benar.

Ini semua terjadi karena ilusi optik. Iya, mata dan pikiran kita memang gampang ditipu. Ilusi optik ini tercipta karena kita tak bisa melihat cakrawala/horizon/garis laut dan memang tempat dimana fenomena bukit magnet ini terjadi biasanya tak terdapat garis cakrawala yang jelas, sehingga kita semakin kesulitan/kebingungan untuk dapat membedakan mana posisi tinggi dan mana posisi rendah.

Jadi, ketika mobil/benda itu disebut bergerak menanjak sendiri, apa yang sebenarnya terjadi adalah mobil/benda tersebut bergerak turun, tentunya dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, dan tentunya juga ini adalah karena gravitasi. :)

Ini juga alasannya kenapa alat-alat elektronik (seperti jam, HP) milik orang-orang yang melakukan ujicoba 'kekuatan magnet' tersebut tidak rusak, karena memang tak ada kekuatan magnet. Setau saya, jika kekuatan magnet sekuat itu sampai bisa menarik mobil, harusnya kekuatan magnet itu juga mempengaruhi/merusak gadget.

Ujicoba lain yang bisa dilakukan untuk membuktikan bahwa pergerakan di tempat itu sebenarnya bukan karena magnet adalah dengan membawa perangkat GPS. Ketika mobil diklaim bergerak menanjak sendiri, rekaman perangkat GPS bisa menunjukkan bahwa sebenarnya mobil bergerak menurun. Dengan kata lain, sebenarnya mobil bergerak dari dataran tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Agak sulit memang menjelaskan bagaimana ilusi ini bekerja, coba tonton ilusi ini..




Kalau memang tempat itu menurun, mengapa mobil terlihat menanjak? Ilusi ini memang sulit dijelaskan jika kita melihat dari sudut pandang kita yang terbatas. Kemiringannya sulit terlihat/dirasakan indra kita karena cakrawala atau garis horizon terhalang oleh gunung. Ukuran pohon dan objek-objek yang ada sejauh mata memandang semakin mendukung terciptanya ilusi ini.

Cakrawala.

Catatan elevasi pada Jabal Magnet/Wadi al Jinn. source: http://aghasarfrazkhan.weebly.com/wadi-e-baida.html

Ilusi ini serupa dengan ilusi Ames Room.

 Ini dia ilusi yang setiap hari kita jumpai --> http://blog.zakwannur.com/2014/03/warna-adalah-ilusi-dan-kita-tak-melihat.html
5 ZakwanSite: 'Jabal Magnet', bukan cuma di Arab dan ternyata bukan magnet. Mungkin ada yang pernah dengar cerita orang-orang yang baru pulang dari Arab Saudi, cerita tentang Jabal Magnet. Satu tempat yang katanya me...

No comments:

Post a Comment

< >