Friday, March 21, 2014

Apakah Matahari selalu terbit dari Timur?

Matahari terbit dan matahari terbenam adalah istilah dipakai saat ini yang merupakan warisan dari jaman ketika teori bumi datar dan geosentris dipercaya. Dari sudut pandang manusia saat itu, yang menganggap bahwa objek langit seperti Matahari dan planet lainnya mengelilingi Bumi, Matahari tampak seperti terbit dan terbenam di lokasi yang sama.

Jadi, Matahari terbit dan terbenam sebenarnya adalah ilusi optik. Ilusi ini sangat-sangat meyakinkan, sebagai akibatnya banyak mitologi dalam budaya dan kejadian-kejadian dalam agama yang dipengaruhi/dibuat berdasarkan 'pergerakan Matahari' dari model geosentris ini (model yang sempat berlaku sebelum Copernicus merumuskan model heliosentris, model yang dipakai saat ini.)

Nah, apakah benar Matahari saat ini selalu terbit dari Timur? atau pasti terbenam di Barat? Tidak juga, karena itu hanya ilusi optik dan tergantung darimana pengamatan Matahari tersebut, tentu saja Matahari tak selalu terbit dari Timur/terbenam di Barat. Orang-orang di belahan Bumi seperti wilayah kutub kadang merasakan matahari 'terbit' dari Utara, dan juga Selatan. :D

20 Maret 2014 menjadi puncak matahari 'terbit' di Kutub Utara, ini bertepatan dengan Vernal Equinox atau dimulainya musim semi. Saat matahari terbit di Kutub Utara, saat itu pula dimulainya matahari 'terbenam' di Kutub Selatan (Autumn Equinox). Artinya Kutub Selatan akan gelap selama 6 bulan dan Kutub Utara akan terus disinari Matahari selama 6 bulan disaat bersamaan.


Suatu hari di musim panas kutub Utara, Matahari yang tak pernah terbenam.
Ya, pada musim semi (puncaknya pada musim panas) di Kutub Utara, matahari bisa tak terbenam sampai 6 bulan lamanya.

Happy Vernal (Spring) Equinox Day!
5 ZakwanSite: Apakah Matahari selalu terbit dari Timur? Matahari terbit dan matahari terbenam adalah istilah dipakai saat ini yang merupakan warisan dari jaman ketika teori bumi datar dan geosentr...

No comments:

Post a Comment

< >