Sunday, January 26, 2014

Tips agar liburan jadi lebih menyenangkan

Liburan adalah pilihan 'investasi' yang sangat menyenangkan. Tenaga, waktu, duit habis tapi bukan habis secara sia-sia, ada hasilnya yang bisa kita nikmati seumur hidup. Eh, kecuali kalo berliburnya nggak menyenangkan sih.
Iya, bukan menjadi lebih santai, beberapa orang malah menjadi stres gara-gara tidak menikmati liburannya.
Lalu bagaimana caranya agar liburan tersebut jadi (lebih) menyenangkan? Ini dia versi saya:
  • Pilih teman yang dikenal dengan baik
Ya, jika tidak ingin sendirian, pilihlah teman berlibur yang kita kenal dengan baik. Kenapa? Karena pasti gak mau kan malah bete dengan teman perjalanan gara-gara ngeliat tingkah aslinya yang ternyata gak enak banget (mungkin lelet, kurang sejalan waktu milih tempat makan/kendaraan dsb)?
Eh tapi kayaknya jarang deh traveling sendirian yang bener-bener sendirian, seenggaknya bisa dong dapat kenalan asik di tempat tujuan. :) Coba ngobrol dengan orang-orang lokal, berbicaralah dengan traveler atau pengunjung lainnya.

  • Turunkan ekspektasi tinggi

Seringkali orang memilih lokasi liburan atau bepergian ke suatu tempat atas rekomendasi atau berdasarkan pengalaman orang lain. Tak jarang orang-orang yang menceritakan pengalaman itu dengan menggebu-gebu sampai rasanya kita pun ingin segera mengunjungi tempat itu. Beberapa orang juga memilih tempat tujuan berlibur setelah melihat-lihat video/foto hasil jepretan orang lain.
Nah, bahayanya pengalaman orang lain ini seringkali membuat kita berekpektasi (berharap) terlalu tinggi. Misal, ingin melihat pemandangan seperti di foto/video tersebut, tapi kenyataannya ketika sampai di tempat tujuan tak sebagus itu karena ternyata foto/video tersebut telah direkayasa atau bahkan lebih parah lagi: foto palsu.
Ekspektasi yang tinggi ini bisa-bisa membuat kita jadi bete karena harapan kita yang tak tercapai. Hasilnya pun malah nggak menikmati liburan dan ngomel-ngomel atau bikin bete orang lain.
  • Ketahui keadaan tempat berlibur
Cari tau bagaimana keadaan tempat berlibur sebelum kesana, apakah ada listrik? ada air segar (untuk mandi?) Apakah cuaca mendukung untuk beraktivitas disana? Jangan sampai ketika sampai disana kita malah menyesal karena tidak tau keadaan sebenarnya.
  • Rencanakan jadwal
Ingin bepergian berapa hari? berapa lama? Kalau jadwalnya sudah jelas, baju dan perlengkapan liburan pun bisa disesuaikan. Nggak perlu bawa barang-barang yang gak perlu dan hasilnya barang bawaan pun ringan. :) 
  • Lupakan rutinitas sejenak
Ketika sampai pada tempat tujuan, fokus pada tempat tersebut dan orang-orangnya. Berlibur bersama keluarga? Curahkan segala perhatian pada keluarga. Berlibur dengan pasangan? Habiskan momen-momen itu dengan pasangan. Rutinitas biasanya di socmed melulu? Kurangi, atau mungkin lupakan sejenak. (Tapi, good luck deh kayaknya melupakan itu bakal susah :P)
Intinya, biarkan mata kita melihat lebih banyak, biarkan indera kita yang lainnya merasakan suasana tempat-tempat liburan itu.


  • Ketahui apa tujuan liburan
Untuk apa berlibur? Pastinya untuk menyenangkan diri sendiri, namun cara tiap orang berbeda-beda. Nah, pastikan tujuan berlibur tersebut untuk kesenangan dan memperkaya pengalaman pribadi. Bukan untuk bikin iri orang lain atau membuat orang lain terkesan dengan liburan kita.
Ketika fokus kita adalah untuk membuat orang lain terkesan, maka kemungkinan kita akan berusaha mati-matian demi orang lain, bukan demi kebahagiaan diri kita sendiri. Akibatnya malah ketika kita tak berhasil memenuhi ego tersebut, kita tak menikmati liburan dan ujung-ujungnya bikin bete orang lain lagi.

Hmm, itu aja sih tips-tipsnya, apa lagi ya? :D
Semoga liburan selanjutnya bisa makin fun yak!

5 ZakwanSite: Tips agar liburan jadi lebih menyenangkan Liburan adalah pilihan 'investasi' yang sangat menyenangkan. Tenaga, waktu, duit habis tapi bukan habis secara sia-sia, ada hasilnya...

No comments:

Post a Comment

< >