Jumat, 17 Januari 2014

Air Zamzam Palsu

Air Zamzam, air yang dianggap suci oleh umat Islam. Air dianggap berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Saya ingat saat kecil sering diberi air zamzam yang sudah dibacakan doa-doa. Katanya biar makin sehat (dan pinter). He Hehe

Hari ini heboh di timeline twitter (saya) berita tentang penggerebekan pabrik air zamzam palsu. Waduh gilak! Sepertinya sebagian orang tergiur dengan 'keuntungan besar' yang bisa diraup dengan mengatasnamakan agama. Mulai dari jasa titip doa, pengadaan quran dll sampai pemalsuan air zamzam.

Gimana nggak? Pengikut agama di dunia ini sangat banyak, Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak dan orang-orang dengan sikap untuk tidak langsung percaya (skeptis dan kritis) juga jarang di negeri ini. Kita terbiasa malas mempertanyakan sesuatu dan langsung percaya begitu saja. Gak heran, kita gampang ditipu.

Familiar dengan kemasan air zam-zam itu?

Mungkin ada yang pernah dibawakan oleh-oleh air zamzam dengan kemasan diatas? Mereka yang membeli mungkin tidak tau. Yang menjual pun mungkin selama ini tidak tau (atau mungkin tau tapi dirahasiakan?)

Air Zamzam dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, akan menarik kalau orang-orang yang mengkonsumsi air zamzam selama ini (terutama seperti kemasan diatas) ditanyakan bagaimana efek yang dirasakan setelah minum air zamzam. Mungkin ada yang menjawab penyakitnya sembuh, badan terasa lebih fit, anak menjadi lebih pintar dsb. Menarik lagi kalau setelah itu diberitahu kalau ternyata air zamzam yang dikonsumsinya palsu. Tadaa! Efek plasebo bekerja :)

Menurut berita, omzet dari pabrik yang sudah berjalan 2 tahun itu sekitar 11 miliar. Bayangkan berapa banyak orang yang tertipu?

Dengan jumlah pemeluk agama yang milyaran, Bagaimana kalau ternyata ada tipuan lain (global) yang lebih besar atas nama agama? Tipuan untuk meningkatkan pendapatan suatu negara dan bangsa melalui progam kunjungan rohani ke negaranya misalnya? Ah ntahlah..
5 ZakwanSite: Air Zamzam Palsu Air Zamzam, air yang dianggap suci oleh umat Islam. Air dianggap berkhasiat menyembuhkan beberapa pe...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

< >