Minggu, 29 September 2013

AASA National Space Camp Indonesia

Saya baru aja ikutan AXE Apollo Space Academy (AASA) National Space Camp selama 3 hari ini (27-29 Sept 2013) di Lapangan Terbang Polisi Udara, Pondok Cabe. Acara ini tujuannya buat mencari 3 orang terbaik, untuk lanjut ke AASA Global Space Camp, Florida, AS pada Desember 2013 nanti, sebagai brand ambassador AXE dan orang Indonesia pertama yang ke luar angkasa.

Jadi, katanya ada sekitar 82.000 orang Indonesia yang mendaftar, dan ada 2 jalur pendaftaran (Reguler dan VIP). Dari jalur reguler, terpilih 5000 orang dengan jumlah vote tertinggi. Nah, 5000 orang ini dihubungi via email untuk mengirim data seperti biodata, riwayat kesehatan, psikotest dan berkas identitas lainnya. Dari berkas data itu, screening dilakukan dan terpilih 20 peserta, termasuk saya didalamnya. Lalu dari jalur VIP, juga terpilih 20 orang dengan skor pembelian produk AXE Apollo terbanyak. (10 dari store Indomaret, 10 dari Alfamart). Totalnya ada 40 orang terpilih untuk ikut AASA National Space Camp Indonesia (tapi yang hadir 36 orang).

Kamis 26 Sept, saya diberangkatkan dari Bandung ke Jakarta (bersama peserta lainnya yang berasal dari Bandung). Kami tiba di Poins Square Apartement dan menginap disana. Pagi harinya, Jumat, saya sudah berkumpul dengan seluruh peserta dari berbagai daerah dan kami diberangkatkan ke area pelatihan. Serangkaian tes kesehatan dilakukan, mulai dari cek feses, pengambilan darah, pemeriksaan mata, paru-paru hingga rekam jantung. Kami dibekali latihan baris-berbaris, kemudian lanjut ke ceremonial pembukaan acara.

48d07286274611e3852e22000ae90903_7

Kapten William, Brand Manager AXE Indonesia, didampingi 2 sexy agent turun dari helikopter kemudian dijemput 2 axeangel.

BVKgpuiCUAAmUIf
Setelah acara pembukaan kami ditantang untuk melakukan rappelling turun vertikal menggunakan tali dari ketinggian 45 meter dan wall climbing. Ini kali pertama bagi saya dan saya cukup menikmati rappeling itu, tapi tidak dengan wall climbing. Saya terpeleset saat baru menginjakkan kaki di batu pertama dan panitia tidak memberi kesempatan untuk mengulang. :<

Oiya, kami diberi goodie bag (yang lebih mirip koper sih) berisi 4 seragam, 1 jaket MA-black flight, topi, alat tulis, dan peralatan mandi.IMG_2423

Malam harinya, diumumkan 10 peserta terbaik dan mereka berkesempatan untuk ikut naik pesawat Cessna keesokan harinya.

Hari kedua, sementara 10 peserta terbaik naik pesawat keliling wilayah lapangan terbang dan sekitarnya, saya dan sisa peserta lainnya belajar di kelas aeronautika kemudian mengerjakan test tertulis. Setelah itu kami mendapat kesempatan mencoba flight simulator cessna. Menerbangkan pesawat cessna dari landasan kemudian mendaratkannya kembali, dengan alat kontrol yang mirip dengan yang ada di pesawat aslinya.

Setelah itu, seluruh peserta mengikuti serangkaian interview dan psikotest sampai sore. Malam harinya pengumuman 3 orang terbaik pun dilaksanakan. Terpilihlah Krisna, Figra dan Rizman. Figra dari Bandung termasuk peserta awal yang saya kenal. :D Figra, Krisna dan Rizman memang peserta yang tangguh.

Sementara itu, seluruh peserta AXEtronot mendapat plakat, sertifikat, dan hadiah gadget yang berbeda-beda seperti MP3 Player, iPod Shuffle, Nokia Asha, Galaxy Chat, Galaxy Young, Canon Ixus, dan Galaxy Grand. Gadget yang diperoleh sesuai dengan poin yang didapat dari aktivitas media sosial. Saya kurang aktif update statusnya, jadi cuma dapat Nokia Asha. Hm, malam itu pun ditutup dengan pesta BBQ dan DJ di dalam hangar.

IMG_2332IMG_2335proxy (1)

foto bareng Captain, MC, temen satu barrack. Barrack 4!

Thanks AXE, Capt. William Wijanarko, dan semuanya yang terlibat di AASA National Space Camp. Ini benar-benar pengalaman yang mahal. Mendapat teman baru dan aktivitas-aktivitas seru lainnya. Thanks! ;)

*foto dan video seluruh kegiatan acaranya lagi proses editing, nanti bakal di share, mungkin juga bakal tayang di TV. hahaha*

5 ZakwanSite: AASA National Space Camp Indonesia Saya baru aja ikutan AXE Apollo Space Academy (AASA) National Space Camp selama 3 hari ini (27-29 ...