Saturday, July 13, 2013

Termakan Asumsi

Apa itu asumsi? Asumsi menurut KBBI adalah dugaan yang diterima sebagai dasar, atau landasan berpikir karena dianggap benar.
Kita sering berasumsi, dan secara tak sadar asumsi ini adalah cerminan dari diri kita karena pengalaman kita lah yang membentuk asumsi kita terhadap orang lain. Bingung?
Jadi gini, tiap kali kita punya asumsi terhadap keadaan orang lain, sebenarnya yang membentuk dugaan/perkiraan itu adalah hasil dari pemikiran kita jika kita dihadapkan pada keadaan yang sama.
Misal, contoh asumsi:
  • “Si dia gak ngebalas sms, mungkin dia udah gak suka lagi”, adalah cerminan diri yang kalo tidak suka (lagi), maka gak balas sms.
  • “Jadi jomblo itu ngenes”, adalah cerminan diri yang ketika menjomblo gak pernah bahagia alias gak pernah dapat kebahagiaan saat jomblo.
  • “Dianya lama balas sms/gak angkat telpon, jangan-jangan selingkuh”, adalah cerminan diri yang bisa lama balas sms karena selingkuh.
  • “Dianya lama balas sms/gak angkat telpon, mungkin lagi sibuk”, adalah cerminan diri yang gara-gara sibuk, suka jadi lama balas sms/angkat telpon.
  • “Anaknya begitu, emaknya pasti ga peduli”, adalah cerminan diri yang manja, menganggap semua orang bertindak dengan menunggu aturan mama.
Contoh lain yang paling banyak adalah asumsi manusia terhadap tuhan.
  • “Dia gak menyembah tuhan, dia bakal dihukum tuhan di neraka”, adalah cerminan diri manusia yang punya sifat gila hormat, maka yang tidak hormat akan dihukum. (Personifikasi tuhan, sama seperti kata Tuhan melihat, jodoh ada di tangan Tuhan, Tuhan duduk, dsb.)
Atau asumsi manusia ketika mencari kehidupan luar bumi, manusia mencari kehidupan di luar bumi dengan mencari keberadaan air, oksigen dan segala pendukung kehidupan makhluk bumi dengan asumsi makhluk di luar bumi juga membutuhkannya untuk hidup. Karena hanya itulah ukuran kita, standar manusia dalam melihat hal lain.
Sama seperti kita melihat orang lain, mengukurnya dengan pengalaman kita.  Ya, begitulah asumsi. Lucunya kita terlalu percaya asumsi sampai-sampai membenci suatu hal hanya karena sesuatu yang belum tentu benar (asumsi).
Tidak seharusnya kita termakan asumsi, terutama yang menimbulkan kebencian. Karena sikap orang lain belum tentu sama seperti sikap kita jika dihadapkan dalam satu keadaan. :)
5 ZakwanSite: Termakan Asumsi Apa itu asumsi? Asumsi menurut KBBI adalah dugaan yang diterima sebagai dasar, atau landasan berpikir karena dianggap benar. Kita sering ...

No comments:

Post a Comment

< >